Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Istana Silindung Bulan Pagaruyung

nkrinews.com / Medan, 23 Juli 2023, DYMM SPB Tuanku Raja Gontar IV DR. Drs. H. Syafri Fadillah Marpaung, SE, MPd, saat Menghadiri Undangan Festival Kesultanan Pagaruyung ( 19-21 ) di Batusangkar Sumatera Barat.
kegiatan Festival ini dihadiri oleh tamu tamu mancanegara, para kerabat kesultanan Pagaruyung, seperti dari Malaysia, Brunei Darussalam, UK/Inggris, Bundo kandung dan semua kerabat Pagaruyung yang ada di Sumatera. 
Acara Festival kesultanan Pagaruyung dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat, Bapak Mahyeldi. Beliau menyatakan​​​ "Festival ini momentum untuk menyambung kembali silaturahim antara Kesultanan Pagaruyung dan kerajaan-kerajaan yang berhubungan dengan Pagaruyung di Nusantara dan di negara Asia Tenggara,"  ia mengatakan banyak kerajaan yang berkaitan dengan Pagaruyung melalui hubungan Sapiah Balahan, Kaduang Karatan, Kapal Radai, Timbang Pacahan.
Sapiah Balahan adalah keturunan raja dari pihak perempuan secara matrilineal yang di rajakan di luar Pagaruyung.
Kuduang Karatan adalah keturunan raja Pagaruyung dari pihak sebelah laki-laki. Kapak Radai, dan Timbang Pacahan adalah orang-orang besar, raja-raja di rantau, datuk-datuk perangkat raja Pagaruyung yang diangkat dan diberi penghormatan oleh raja Pagaruyung.
Photo Tuanku Raja Gontar IV dan Tuanku Abdul Fatah, di dalam istana Silindung Bulan, berbincang bincang dan beramah Mesrah
Festival Kesultanan Pagaruyung ditutup oleh Bupati Tanah Datar Bapak Eka Putra. 
Menatap Nusantara dari Istana Silindung Bulan Darul Qorrar. 
Tuanku Raja Gontar IV Didepan istana
selamat melaksanakan Festival Kesultanan Pagaruyung kata Baginda yang suka tersenyum ini. ( Rel 02 ).

Posting Komentar

0 Komentar