Indonesian peoples thing..

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Indonesian People's Voices. Indonesian Voices has Articles, Opinion and Information about Awareness! and waking up! of Indonesia Peoples. Indonesian Voices for Good Government Governance, How are Indonesian and other country connection? History about The freedom of Indonesia. Indonesia movement for Anti imperialism. Indonesian Voices about Asian African Conference until now. Information of Indonesia Struggle for Indonesia Integration and Unity. Indonesian Voices for World Peace and Justice. Indonesian People's Voices. Indonesian Voices has Articles, Opinion and Information about Awareness! and waking up! of Indonesia Peoples. Indonesian Voices for Good Government Governance, How are Indonesian and other country connection? History about The freedom of Indonesia. Indonesia movement for Anti imperialism. Indonesian Voices about Asian African Conference until now. Information of Indonesia Struggle for Indonesia Integration and Unity. Indonesian Voices for World Peace and Justice.
Custom Search
Home Militer Akankah Kekuatan Militer Jepang Bangkit Lagi Setelah Kehancuran di Perang Dunia II?

Akankah Kekuatan Militer Jepang Bangkit Lagi Setelah Kehancuran di Perang Dunia II?

E-mail Print PDF
User Rating: / 4
PoorBest 
Oleh Heri Hidayat Makmun


Jepang negara kepulauan yang terdiri dari 6,852 pulau yang berpenduduk 128 juta orang, dan berada di peringkat ke-10 negara berpenduduk terbanyak di dunia. Menurut mitologi tradisional, Jepang didirikan oleh Kaisar Jimmu pada abad ke-7 SM. Kaisar Jimmu memulai mata rantai monarki Jepang yang tidak terputus hingga kini.

Meskipun begitu, sepanjang sejarahnya, untuk kebanyakan masa kekuatan sebenarnya berada di tangan anggota-anggota istana, shogun, pihak militer, dan memasuki zaman modern, di tangan perdana menteri. Menurut Konstitusi Jepang tahun 1947, Jepang adalah negara monarki konstitusional di bawah pimpinan Kaisar Jepang dan Parlemen Jepang. Jepang memiliki kekuatan militer yang memadai lengkap dengan sistem pertahanan moderen seperti AEGIS serta suat armada besar kapal perusak.

Paska perang dunia II yang menyakitkan bagi bangsa Jepang dengan kehancuran dua kota yang di bom atom oleh tentara sekutu pimpinan Amerika Serikat. Kota Hirosima dan Nagasaki. Kerusakan fatal Infrastruktur, bencana kemanusiaan, ambruknya ekonomi, dan polusi kimia nuklir yang masih tersisa sampai generasi sekarang ini.

Upaya-upaya rahasia dilakukan selama lebih dari tiga dasa warsa paska kekalahan Jepang. Jepang telah menempa kekuatan industri militernya yang potensil jika memang negara itu memutuskan memasuki bidang tersebut.

Secara ekonomi kekuatan Jepang sangat potensial. GNP Jepang telah tumbuh dari di bawah satu persen total GNP global pada tahun 1955 menjadi hanya sekitar 3 persen pada tahun 1970 hingga mencapai 15 persen untuk tahun ini. Angka ini merupakan seperenam hasil ekonomi seluruh dunia. Produksi seluruh industrinya dua kali lipat negara adidaya yang sudah runtuh (Uni Soviet) dan dapat melampaui Amerika Serikat dalam satu dasa warsa.

Jepang bersikeras untuk secara luas mengembangkan sektor-sektor teknologi tinggi yang berkaitan erat dengan kemampuan medan pertempuran pada era pasca perang dingin. Beberapa bidang teknologi yang berkaitan atau akan dikaitkan dengan mesin perang. Teknologi-teknologi ini dalam peranan di sipil telah melahirkan kamera, robot, televisi, mesin potocopy, dan industri sirkuit terpadu kelas dunia. Produk-produk ini telah merajai pasar dunia karena kecanggihan teknologinya.

Berbagai teknologi tersebut seperti sistem sensor elektronik dan pemandu yang sama yang menghasilkan foto 35 mm berkualitas tinggi, pemandu peluru kendali supersonik tanpa menyimpang dari sasarannya. Teknologi bom pintar yang dilengkapi dengan kamera mini Sony dan sejumlah tertentu Jepang yang menghancurkan jembatan Sungai Merah di Hannoi selama perang Vietnam yang selama ini misi tersebut dilakukan secara manual dan mengalami kegagalan oleh para pilot F-4 Phantom.

Teknologi tinggi Jepang juga digunakan sebagai inti peluru-peluru kendali Tomhawk Amerika Serikat yang menghujani Baghdan selama Perang Teluk. Sistem sensor dan pemandu yang tepat dan canggih untuk peluru kendali, pesawat terbang dan alat peringatan dini yang semakin penting dan strategis pada masa yang akan datang.

Kemampuan Jepang dalam teknologi senjata dan peralatan militer tidak diimbangai oleh diplomasi politik diluar negeri untuk sekedar mendapat kesempatan membangun kembali kekuatan militer, tekanan Amerika Serikat dan negara-negara NATO atas kebangkitan kekuatan masa lalu Jepang. Walaupun sebagian besar negara-negara berkembang mantan jajahan Jepang sudah ada yang memaafkan.

Dalam memikirkan pilihan pertahanan Jepang pada masa depan, mempertimbangkan kekuatan jangka panjang yang condong dan secara dini menetapkan keputusan apa yang secara sadar benar-benar telah diambil oleh Jepang, merupakan suatu hal yang penting. Jelas dua faktor itu adalah menanjaknya kekuatan ekonomi dan teknologi Jepang. Dengan kekuatan ekonominya Jepang dapat dengan mudah menggalang kekuatan militer modern secara cepat.

Nasionalisme Jepang, semangat shogun, kecerdasan, pendidikan, etos kerja, budaya dan tentunya ekonomi semuanya sudah mendukung untuk terjadinya kekuatan militer yang diharapkan, bahkan menjadi superpower pun.

Hanya satu kelemahan Jepang pada masa komtemporer ini, ialah rasa bersalah Jepang sendiri. Selain itu tekanan Amerika Serikat, negera-negara anggota NATO, dan negara-negara berkembang yang pernah dijajah Jepang dari tahun 1940-an sampai 1945 ketika Jepang bertekuk lutut terhadap sekutu.

Untuk memenuhi keperluan keamanan yang sedang tumbuh, sebagai hasrat yang terpendam dan tertekan. Dimana Jepang berenang dekat puncak imperialisme barat abad kesembilanbelas. Birokrasi Jepang sementara waktu hanya membangun industri otonom sebagai swadaya peralatan persenjataan hal yang pokok bagi keamanan nasional Jepang.

Kecendrungan menuju swadaya ini sangat jelas pada tahap awal kontroversi Amerika Serikat - Jepang pada tahun 1989 mengenai pembuatan pesawat tempur FSX generasi berikutnya, sehingga hal ini membuat Amerika Serikat gerah dan pada masa pemerintah Reagen - Bush dengan dukungan kongres, melalui tekanan lobbying yang kuat melawan konsep pengembangan industri militer Jepang yang independen. Akhirnya MITI, Badan Pertahanan Jepang, dan industri pertahanan Jepang, sepenuhnya tunduk dan setuju memproduksi pesawat tempur FSX generasi berikutnya yang skemanya ditentukan oleh Amerika Serikat.

Penolakan laten terhadap pembangunan bersama Amerika Serikat - Jepang muncul baik dari luar maupun dari dalam tim proyek pengembangan senjatanya sendiri. Pembangkangan dan penghambatan terhadap jalannya proyek ini, utamanya para generasi muda Jepang dan tokoh-tokoh nasionalis Jepang yang menyebabkan Proyek FSX terlambat lebih dari dua tahun pengerjaan di Jepang. Penyelesaian kapal terbang tersebut tidak mungkin tercapai hingga menjelang tahun 2000. Dengan biaya yang diperkirakan melampaui 100 juta dolar per unit, atau empat kali biaya pembuatan pesawat tempur F-16 AS.

Tekanan dan gejolak keinginan Jepang untuk bebas dan memproduksi sendiri tanpa dukungan luar negeri membuat Menteri Takeshita Noboru berjuang keras untuk melepaskan ikatan dan perjanjian kontrak kerja ini. Akhirnya dengan perjuangan pahit dan intervensi kuat dari Menteri Takeshita akhirnya Jepang menarik diri dari kerjasama yang merugikan Jepang ini. Akhir dari saat-saat indah hubungan Amerika Serikat - Jepang dalam upaya pertahanan dalam aliansi Amerika Serika akan semakin redup.

Keinginan Jepang menuju pengembangan militer independen telah mengalami kemajuan lebih jauh dalam sektor peluru kendali daripada yang mereka capai dalam sektor pesawat terbang, bahkan sekarang Jepang telah mempunyai banyak produsen peluru kendali domestik.

Juga telah mengembangkan Stinger (peluru kendali yang dikendalikan dengan tangan dan terbukti sangat efektif di Afganistan), Sidewinder (pencegat udara ke udara), Harpoon (peluru kendali anti kapal selam) yang telah sipasok ke Amerika Serikat. Demikian juga peluru kendali Tomahawk dan Patriot, yang masih diproduksi di Jepang secara lisensi.

Swadaya Jepang dalam industri militer dipengaruhi dan diinspirasi oleh keberhasilan Jepang dalam pengembangan peluru kendali berupa peluncur roket pendorong H-II baru dan sepenuhnya buatan dalam negeri, yang secara potensial juga berfungsi sebagai ICBM.

Sekitar tahun 2005, sebagai usaha untuk menuju swadaya industri militer Jepang berusaha untuk manambah dan mengembangkan generasi baru peluru kendali (SAM) dari darat ke udara, sebagai usaha pengganti Patriot yang masih rancangan Amerika Serikat.

Muncul lagi masalah baru dalam menentukan siapa yang paling berjasa dalam penentuan design pesawat tempur FSX yang menjadi persengketaan sengit antara Jepang dan AS. Jepang telah banyak mengeluarkan anggaran yang besar atas design pesawat ini, tetapi dilain sisi Amerika memegang peranan atas penentuan design FSX. Demikian juga terjadi hal yang sama pada peluru kendali canggih TMD.

Walaupun usaha-usaha kemandirian industri militer telah mencapai hasil, tetapi sebenarnya bangsa Jepang sendiri terpecah menjadi dua, yaitu yang menyukai usaha nasionalisasi ini dan yang menentang perluasan militer Jepang. Mereka yang menentang berpendapat bahwa kondisi politik internasional pada masa yang akan datang dapat ditangani secara diplomatik dan ekonomi. Tetapi sebenarnya yang paling memberi pengaruh adalah rasa bersalah atas munculnya fasisme Jepang dan ketakuatan munculnya kembali pemerintahan militeristik.

Dapat dikatakan semangat shogun sudah luntur untuk generasi baru Jepang, dan digantikan dengan semangat pengembangan teknologi untuk masa depan Jepang modern yang demokratis. Kita tahu dalam hubungan dengan AS, Jepang menyerahkan sepenuhnya pengembangan militernya atas dikte Gedung Putih. Secara tradisional, Jepang merupakan sekutu AS, khususnya pada masa perang dingin.

Pengembangan militer yang dilakukan oleh Jepang secara aplikasi dalam dunia militer jarang dilakukan oleh bangsa Jepang sendiri, teknologi tersebut digunakan secara bersama dengan AS dan Eropa.

Selain itu konflik Korea Utara dan Korea Selatan juga berpengaruh terhadap Jepang sebagai bagian dari kawasan Fasifik, Jepang juga memiliki sejarah konflik dengan China yang sekararang telah bangun dari tidur. Secara pisikologis Jepang membutuhkan kawan untuk bersinergi dalam memperkuat pertahanan untuk mengimbangi China dan Korea Utara yang memiliki nuklir.

Walaupun ada sedikit masalah dalam hubungan perdagangan AS - Jepang dalam kasus AS menuduh Jepang melakukan praktek dumping pada produksi baja yang dijual di AS sehingga membuat impor baja dari Jepang ke AS dikenakan punitive trade barrier sebesar 32,5%, suatu tindakan yang sesungguhnya melanggar kesepakatan pasar bebas, tetapi Gedung Putih masih menganggap masalah pertahanan di Fasifik membutuhkan "teman lama dalam perang dingin masa Uni Soviet masih ada." Bagi AS Jepang sangat penting dipandang dari geopolitik dan ekonomi.

Perangkat-perangkat lunak pada perlengkapan tempur jepang berasal dari AS. Karena hak cipta perangkat lunak tersebut dijaga ketat oleh AS, maka teknisi jepang tidak boleh melakukan reverse engineering untuk memperbaiki kerusakan yang ada. Meskipun jepang memproduksi 90% dari kebutuhan militernya, teknologi-teknologi tersebut memiliki lisensi dari Amerika, dan teknisi jepang tidak diperbolehkan untuk mempelajari dan mengkopi teknologi tersebut.

Kondisi ini memperlihatkan bahwa Jepang saat sekarang ini masih dalam posisi seperti paska perang dunia kedua ketiga bom atom menghancurkan kota-kota seperti Hirosima dan Nagasaki. Tanpaknya walaupun rakyat Jepang sendiri mengharapkan kebangkitan nasionalisme Jepang dengan pengembangan militer yang mandiri tetapi kondisi geopolitik mengharuskan Jepang tetap berada di bawah AS.

Last Updated ( Tuesday, 07 August 2012 10:43 )  

Pangdam IV/Diponegoro Tanam Pohon ke-1.058.588, di Kawasan Waduk Gajah Mungkur
11/12/2013 | Admin NKRInews.com

Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Sunindyo dan didampingi Kepala Bakorwil II Prov. Jateng Drs. Budiyanto Eko Purwono, MSi (mewakili Gubernur Jateng) hadir di Kabupaten Wonogiri dalam rangka  [ ... ]


Pemerintah Indonesia Menjadi Budak WTO
09/12/2013 | Admin NKRInews.com

Oleh Heri Hidayat Makmun Setelah WTO selesai digelar dengan Pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah yang baik dan ramah, bukan salah berlaku sebagai tuan rumah yang baik tetapi juga telah menyerahk [ ... ]


3 Juta Buruh DKI Jakarta Mogok!
27/10/2013 | Admin NKRInews.com

Buruh di DKI Jakarta yang berasal dari berbagai wilayah ditambah dengan buruh dari 20 propinsi yang diperkirakan akan mencapai 3 juta orang akan mengadakan demontrasi besar-besaran. Mogok ini terhitu [ ... ]


Kebakaran Hutan Australia Melanda 500 KM Persegi Kawasan Hutan
19/10/2013 | Admin NKRInews.com

Kebakaran hutan masih terjadi di puluhan ribu hektar hutan yang luar kendali di seluruh negara Australia, khususnya di New South Wales pada hari Jumat (18/10/2013), dengan ribuan penduduk lokal mengha [ ... ]


Presiden China, Xi Jinping Melawat ke Jakarta
02/10/2013 | Admin NKRInews.com

Presiden China Xi Jinping tiba di Jakarta sore hari ini (2/10) untuk memulai lawatannya ke Indonesia. Kunjungan tersebut sekalian juga untuk  menghadiri Pertemuan Informal Pemimpin APEC Ke-21 di Pula [ ... ]


China - Vietnam Memulai Lagi Kerjasama Konvensionalnya, Setelah Ketegangan Mereda
28/09/2013 | Admin NKRInews.com

Bersumber dari Kantor Berita Xinhua yang memberitakan dialog antara China dan Vietnam terkait dengan perbatasan di wilayah China Selatan yang masih terjadi sengketa.Agar dialog berjalan secara konstru [ ... ]


Malaysia 'Bersih-Bersih' Tenaga Kerja Asing Ilegal
26/09/2013 | Admin NKRInews.com

Menteri Dalam Negeri Malaysia tanggal 24 September lalu menyatakan, terhitung hingga tanggal 16 September 2013, Malaysia telah menangkap sebanyak 4,356 tenaga kerja asing ilegal dalam aksi pemb [ ... ]


Topan Usagi Bergerak ke Kawasan Asia Tenggara
24/09/2013 | Admin NKRInews.com

Topan Usagi setelah melewati Latu China Selatan akan mengarah ke Asia Tenggara dibagian utara seperti Filipina. Topan bergerak ke timur-tenggara Taiwan dan 360 km dari utara Filipina pada Jumat (20/ [ ... ]


Militer Filipina Lakukan Operasi Besar-Besaran Terhadap MILF
19/09/2013 | Admin NKRInews.com

Pihak militer Filipina kemarin mengatakan, dari Senin sore sampai kemarin, tentara pemerintah Filipina sukses menyelamatkan 23 orang sandera yang ditahan kelompok bersenjata anti-pemerintah, Fron [ ... ]


India dan China Membangun Visi Strategis
23/10/2013 | Admin NKRInews.com

Perdana Menteri India, Manmohan Singh tiba di Beijing kemarin malam (22/10) dalam rangka kunjungan kenegaraan ke China. Kunjungan itu dilakukan Singh atas undangan Perdana Menteri China Li Keqiang. Ia [ ... ]


Jepang Akan Menembak Pesawat China Jika Melewati Perbatasan
28/09/2013 | Admin NKRInews.com

Juru Bicara Kementerian Pertahanan China Geng Yansheng kemarin (26/9) menyatakan, perkataan pihak Jepang mengenai pertimbangan untuk menjatuhkan pesawat tak berawak China sarat provokasi dan memicu si [ ... ]


Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga Menyatakan Korea Utara Harus Menghentikan Semua Program Nuklirnya
18/09/2013 | Admin NKRInews.com

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga mengatakan Rabu (19/9/2013) bahwa Korea Utara terlebih dahulu harus menerapkan langkah-langkah untuk menyetujui denuklirisasi Semenanjung Korea sebelum  [ ... ]


Ketua Parlemen Iran, Ali Larijani Menyatakan Iran Tidak Pernah Meninggalkan Meja Perundingan
23/09/2013 | Admin NKRInews.com

Ketua Parlemen Iran, Ali Larijani, pada Sabtu, (21 September) menyatakan bahwa negara ini akan “tidak pernah meninggalkan meja perundingan nuklir” untuk memecahkan masalah nuklirnya. Kantor Berit [ ... ]


Presiden Palestina Mahmoud Abbas Himbau AS Ikut Langsung Perundingan
19/09/2013 | Admin NKRInews.com

Presiden Palestina Mahmoud Abbas kemarin (17/9) mengimbau Amerika Serikat secara langsung berpartisipasi dalam perundingan perdamaian antara Palestina dan Israel yang tengah berlangsung. Dalam pert [ ... ]


Suriah Menolak Intervensi AS, Perancis dan Inggris
19/09/2013 | Admin NKRInews.com

Kementerian Luar Negeri Suriah kemarin (17/09) mengecam tekanan dari Amerika Serikat, Perancis dan Inggris dan mengutuk Barat yang telah campur tangan dalam urusan dalam negerinya. Suriah juga menga [ ... ]


Pengunjuk Rasa Penentang Kudeta Militer Mesir kembali Turun Kejalan
15/09/2013 | Admin NKRInews.com

Ribuan pendukung Mantan Presiden Mesir Mohamed Mursi hari Jumat lalu (13/9/2013) mengadakan serangkaian unjuk rasa di beberapa kota di Mesir, untuk menuntut memulihkan jabatan presiden Mursi. Te [ ... ]


Ekpor Senjata Uni Eropa ke Mesir akan Dibatasi
22/08/2013 | Admin NKRInews.com

Pertemuan Khusus Menteri Luar Negeri Anggota Uni Eropa kemarin (21/8) di Brussels memutuskan, demi mencegah situasi kekerasan yang semakin serius di Mesir, ekspor senjata dari negara-negara Uni Erop [ ... ]


Pemerintah Mesir Melecehkan Jenazah-Jenazah Korban Pembantaian
21/08/2013 | Admin NKRInews.com

Dalam seminggu terakhir, ratusan pengikut Mursi kehilangan nyawa mereka. Keluarga mereka merasa dilecehkan pemerintah, seperti ketika berkunjung ke kamar mayat di Kairo.

Di depan rumah duka Seinhom di  [ ... ]


Negara-Negara Amerika Selatan Protes Penyadapan dan Pengintaian AS
06/08/2013 | Admin NKRInews.com

Menteri luar negeri dari Pasar Bersama Selatan (Mercosur) yang merupakan blok perdagangan Amerika Selatan protes dan marah dengan menyampaikan protes atas aktivitas ilegal dan melanggar hukum intern [ ... ]


Polisi Meksiko Menghadapi Perang Antar Kartel Narkoba
10/08/2012 | Admin NKRInews.com

Perang antar kartel narkoba di Meksiko telah meluas, polisi semakin sering menemukan mayat demi mayat para korban persaingan antar kartel dinegara yang paling rawan pengedaran obat bius tersebut.

Gabri [ ... ]


Indonesia Dorong Kerjasama dengan Negara-Negara Amerika Latin Melalui FEALAC
20/04/2012 | Admin NKRInews.com

FEALAC memiliki peran yang sangat strategis dalam mendorong peningkatan hubungan kerjasama perdagangan antara Indonesia dan negara-negara di kawasan Amerika Latin. Sebagai salah satu pendiri FEALAC [ ... ]


Aktivis Kemerdekaan Sipil Unjuk Rasa Menentang Penyadapan Amerika Serikat
27/10/2013 | Admin NKRInews.com

Kemarin (26/10) di para aktivis pro demokrasi dan hak-hak sipil melakukan untuk rasa di Washington. Aksi protes ini diadakan untuk meminta pemerintah Barack Obama segera menghentikan pengawasan in [ ... ]


Senat dan DPR AS Mengakhiri 'US Shutdown'
19/10/2013 | Admin NKRInews.com

Setelah terkatung-katung dalam kondisi ketidakpastian anggaran akhirnya Pemerintahan Barack Obama kembali dibuka setelah DPR menyetujui anggaran darurat untuk penyelenggaraan pemerintahan Federal AS [ ... ]


Hasil Jejak Pendapat di AS, Masyarakat AS Menyalahkan Kongres Atas 'US Shut Down'
12/10/2013 | Admin NKRInews.com

Sebuah jajak pendapat baru menunjukkan bahwa enam dari sepuluh orang Amerika ingin mengganti setiap anggota Kongres AS jika mereka bisa, media lokal melaporkan Jumat (11/10/2013).

Jajak pendapat ini  [ ... ]


Polisi Turki Gagalkan Penyelundupan 1,5 Ton Ganja
18/09/2013 | Admin NKRInews.com

Polisi Turki telah menyita 1,5 ton ganja yang disembunyikan di satu mobil tanker bensin dalam operasi anti-penyelundupan berskala besar di Turki Tenggara, demikian laporan Today`s Zaman pada Selasa [ ... ]


Pemerintah Prancis Menangkap Seorang Tentara Penyerang Masjid
12/08/2013 | Admin NKRInews.com

Seorang tentara di tangkap oleh Pemerintah Prancis atas tuduhan telah merencanakan serangan terhadap sebuah masjid di Lyon di Perancis selatan, sebuah koran lokal Le Parisien melaporkan Minggu.

Menguti [ ... ]


Krisis Gas di Eropa, Presiden Vladimir Putin Menjamin Pasokan Gas ke Eropa Aman
21/10/2012 | Admin NKRInews.com

Moskow akan menjamin pasokan yang stabil dan mulus gas alam untuk pelanggan di Eropa, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Senin (22/10/2012). Pernyataan ini menjadi jaminan setelah Eropa dilanda  [ ... ]


Peran Mantan-Mantan KGB dalam Kebangkitan Rusia
06/08/2013 | Admin NKRInews.com

Oleh Sumantiri B. Sugeo

Semasa Putin menjadi presiden. Kebangkitan Rusia memang tidak terbantahkan. Ini terlihat dari kemajuan ekonomi secara ril, cadangan devisa, pengurangan hutang, dan kembalinya  [ ... ]


Roket Peluncur Satelit Proton-M Rusia Kembali Diaktifkan
05/08/2013 | Admin NKRInews.com

Rusia merencanakan untuk memulai lagi meluncurkan roket Proton-M, dengan lima jadwal sebelum akhir tahun, Space Roscosomos Badan federal mengatakan Senin (5/8/2013).

Ini akan mengakhiri pembekuan semua [ ... ]


Presiden Ukraina Bertemu Presiden Rusia di Kremlin, Membahas Masalah Krisis Gas
21/10/2012 | Admin NKRInews.com

Rusia akan berusaha untuk bernegosiasi dengan Ukraina selama sengketa gas yang akan dilakukan pada kunjungan mendatang oleh Presiden Ukraina Viktor Yanukovych ke Kremlin, kata pejabat di Kremlin Mingg [ ... ]


Keutuhan NKRI Menjadi Poin Penting dalam Pidato Kenegaraan Presiden RI
17/08/2013 | Admin NKRInews.com

Keutuhan NKRI menjadi salah satu point penting dalam Pidato Presiden RI di depan sidang bersama DPR-RI dan DPD-RI di Gedung MPR/DPR RI Jakarta dalam rangka HUT ke-68 Proklamasi Kemerdekaan RI. Dalam [ ... ]


Gerakan Anti Korupsi di China Melalui Kepemimpinan dan Contoh
07/08/2013 | Admin NKRInews.com

Oleh Liau Li Chou Partai Komunis China menunjukkan komitmennya dengan gerakan anti-korupsi, organisasi yang menjadi sentral politik di China ini memberikan tindakan keras terhadap pejabat di China ya [ ... ]


UU Ormas Untuk Mengawasi LSM dari Agenda Asing
21/07/2013 | Admin NKRInews.com

Oleh Sunggiri Dalam perjalanan sejarah kita bantuan dari asing selalu akan diikuti oleh pesanan politik untuk mempengaruhi kebijakan dan kepentingan politik tertentu. Lembanga pemberi bantuan dari as [ ... ]


China Sedang Kembangkan Kapal Perang Tanpa Awak
10/10/2013 | Admin NKRInews.com

Sepuluh tahun yang lalu, budget yang dialokasikan untuk Tentara Pembebasan Rakyat China (Peoples Liberation Army) adalah sekitar 20 milyar dollar. Dan saat ini, sejumlah analis memperkirakan budget  [ ... ]


TNI AU Pengadaan Peluncur Roket Senilai 3,8 Triliun
18/09/2013 | Admin NKRInews.com

Indonesia akan membeli Sistem Roket Saturasi Artileri (Artillery Saturation Rocket System) Astros II yang  merupakan sistem peluncur roket paling mutakhir dari produsen senjata Avibras yang bermarkas [ ... ]


PM Jepang, Shinzo Abe Akan Mengizinkan Pasukan Bela Diri Membela Negara Lain
16/09/2013 | Admin NKRInews.com

Perdana Menteri Shinzo Abe kemarin (12/9/2013) di Tokyo mengatakan akan mendorong pembahasan terkait hak bela diri kolektif. Hal ini tentu akan merubah Undang-Undang Dasar sebelumnya yang hanya dipe [ ... ]


Jakarta Diupayakan Dijadikan Ibukota ASEAN
25/01/2014 | Admin NKRInews.com
article thumbnail

Wakil Tetap RI (Watapri) untuk ASEAN, Duta Besar Rahmat Pramono menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Sekjen ASEAN Le Luong Minh. Upacara penyerahan Surat Kepercayaan dilaksanakan di kantor Sekretari [ ... ]


ASEAN Community 2015 Menjadi Tantangan Bagi Indonesia
19/12/2013 | Admin NKRInews.com

Meningkatnya kompetisi di pasar tenaga kerja mengakibatkan liberalisasi sektor jasa jadi salah satu perhatian penting Indonesia dengan semakin dekatnya ASEAN Community 2015. "Ini merupakan peluang [ ... ]


KTT ASEAN Tekankan Pentingnya Perdamaian di Kawasan Laut China Selatan
11/10/2013 | Admin NKRInews.com

Pertemuan pemimpin ASEAN ke-23 kemarin (9/10) ditutup di Bandar Seri Begawan, ibukota Brunei. Pernyataan ketua yang diumumkan pertemuan menegaskan pentingnya pemeliharaan perdamaian dan kestabilan L [ ... ]


Sejarah Kemerdekaan

Sejarah Perang Frontal Puputan Margarana di Tabanan Bali, 20 November 1946
Admin NKRInews.com

Oleh Heri Hidayat Makmun Latar belakang munculnya puputan Margarana sendiri bermula dari Perundingan Linggarjati. Pada tanggal 10 November 1946, Belanda melakukan perundingan linggarjati dengan pemeri [ ... ]


Kekejaman Tentara Belanda di Rawagede
Admin NKRInews.com
article thumbnail

Sudah lama cerita ini tenggelam sebagai sejarah, tetapi kesakitan masyarakat asli rawagede yang pernah menjadi saksi kekejaman penjajah Belanda, dengan mempertontonkan kejahatan terhadap kemanusiaan [ ... ]


Konspirasi Sekutu dan Belanda Untuk Kembali Menjajah Indonesia paska Perang Dunia II
Admin NKRInews.com

Pada bulan Agustus 1943 di Quebec, Kanada, dicapai kesepakatan antara Presiden Roosevelt dan Perdana Menteri Inggris Churchill, untuk membentuk South East Asia Command (SEAC : Komando Asia Tenggara),  [ ... ]


Usaha Mempertahankan Kemerdekaan di Kotawaringin, Kalimantan Barat, 1945
Admin NKRInews.com

Pergolakan di Kotawaringin, Kalimantan Barat, antara para Pejuang RI dengan NICA yang dibantu Sekutu sangat tinggi intensitasnya, boleh dikatakan sangat sengit. Australia yang mendukung penjaja [ ... ]


Gedung Merdeka Menjadi Saksi Menularnya Semangat Kemerdekaan Indonesia bagi Kebangkitan Bangsa-Bangsa Terjajah
Admin NKRInews.com
article thumbnail

Hari kemerdekaan tepat di hari ini, sebuah perjalanan sejarah yang belum cukup panjang jika dibandingkan dengan perjalanan bangsa lain sejak kelahirannya. 17 Agustus 1945 saat Presiden Ir. Soekarno [ ... ]


Sejarah Kemerdekaan

Internasional

Indonesia Usulkan Rencana Baru Solusi Damai Untuk Mencapai Kemerdekaan Palestina
25/01/2014 | Admin NKRInews.com

?Indonesia kembali menegaskan dukungannya bagi perjuangan rakyat Palestina untuk mendapatkan haknya serta mendukung langkah-langkah dunia internasional untuk solusi damai bagi kemerdekaan Palestina  [ ... ]


Indonesia Serukan Penyelesaian Konflik Suriah dengan Negosiasi dan Diplomasi
25/01/2014 | Admin NKRInews.com

Indonesia berkeyakinan bahwa diplomasi harus selalu diutamakan dan dikedepankan dalam penyelesaian situasi konflik, termasuk konflik Suriah. Demikian ditegaskan Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa [ ... ]


KTT G8 2014 Akan Diselenggarakan Di Rusia
04/01/2014 | Admin NKRInews.com

Rusia resmi menggantikan Negara Ketua Bergilir G8 kemarin (1/1). Presiden Rusia Vladimir Putin kemarin mengumumkan bahwa kTT G8 yang diadakan di Rusia tahun ini menitikberatkan pendiskusian masalah  [ ... ]


Isu Internasional

Ekonomi

Kanselir Jerman Angela Merkel Kesal, China Menolak Memberi Janji Kongkrit
07/02/2012 | Admin NKRInews.com

Kanselir Jerman Angela Merkel menyimpulkan pada Sabtu (5/02/2012), tiga hari kunjungannya ke China tanpa janji konkret dari pemerintah China, sementara Perdana Menteri Wen Jiaobao mengatakan China  [ ... ]


Hubungan Mafia Neoliberalisme dengan Mafia BEI dan Spekulan Uang
30/09/2012 | Admin NKRInews.com

Oleh Heri Hidayat Makmun

Neoliberalisme yang dilahirkan di Amerika Serikat ternyata bukanlah menjadi anak kesayangan, karena anak durhaka ini telah melahirkan resesi ekonomi AS dan juga berdampak b [ ... ]


Pengangguran AS Terus Meningkat pada 4 Tahun Terakhir
27/01/2012 | Admin NKRInews.com

Jumlah orang Amerika yang mengajukan bantuan pengangguran naik lagi pada minggu lalu setelah jatuh ke level terendah hampir empat tahun di minggu sebelumnya, Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan Kami [ ... ]


Ekonomi


Berita Terbaru

Popular

Pariwisata Indonesia

Gunung Bromo, Batok dan Semeru di Jawa Timur
23/01/2012 | Admin NKRInews.com
article thumbnail

Keindahan Gunung Bromo, Gunung Batok dan Gunung Semeru yang dilihat dari Penanjakan Kecamatan Cemara Lawang, Probolinggo, Jawa Timur. Pemandangan landscape yang diselimuti oleh kabut. Photografer : Y [ ... ]


Menantikan Keindahan Sunset di Pantai Kuta Bali
29/06/2012 | Admin NKRInews.com
article thumbnail

Keindahan pantai Bali tidak habis kata. Salah satunya adalah Pantai Kuta yang sangat terkenal sampai manca negara. Pantai yang terletak di sebelah selatan Denpasar itu selalu ramai pada sore hari men [ ... ]


Gudang Lelang Bandar Lampung, Bekas Tempat Pelelangan Ikan yang Terlupakan
10/08/2012 | Admin NKRInews.com
article thumbnail

Gudang Lelang merupakan suatu tempat di Kecamatan Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung yang berada di tepi pantai. Diamana banyak sekali kapal-kapal nelayan bongkar muat hasil laut dan tangkapan, atau [ ... ]


8 Juta Wisatawan Kunjungi Indonesia pada 2013
04/01/2014 | Admin NKRInews.com
article thumbnail

Kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada November 2013 mencapai 807.400 wisatawan atau naik sekitar 12,16 persen dibandingkan dengan jumlah wisatawan asing pada Oktober sebanyak 719.900 orang [ ... ]


Stadion Gelora Bung Karno Senayan Warisan Presiden Pertama RI
05/09/2012 | Admin NKRInews.com
article thumbnail

Kalau kita sering menonton Tiimnas Indonesia bermain, akan lebih sering mereka tampil di stadion olah raga kebanggan masyarakat Indonesia ini. Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan adalah sebuah sta [ ... ]


Tari Siger Penguntin pada Festival Krakatau 2012
12/10/2012 | Admin NKRInews.com
article thumbnail

Lampung memiliki banyak sekali ragam budaya, sikap dan budaya masyarakat yang plural telah sangat terbuka dengan kedatangan suku lain ke Provinsi ini. Sikap terbuka ini dilambangkan dalam sebuah tar [ ... ]


Pariwisata Indonesia

Budaya Indonesia

Manusia Purba Homo Erectus di Trinil, Jawa Tengah
02/09/2012 | Admin NKRInews.com
article thumbnail

Homo Erectus adalah manusia yang hidup sejak 1 juta - 150.000 tahun yang lalu pada Masa Paleolitik dan Masa Mesolitik. Benda budaya yang dihasilkan mencakup Kapak Perimbas, Pahat Gemgam, Proto Kapak G [ ... ]


Para Pekerja di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara
07/08/2012 | Admin NKRInews.com
article thumbnail

Sunda Kelapa adalah nama sebuah pelabuhan dan tempat sekitarnya di Jakarta, Indonesia. Pelabuhan ini terletak di kelurahan Penjaringan, kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Sejarah pelabuhan ini s [ ... ]


Uang Lama 10 Rupiah Cetakan Dai Nippon Jepang
29/06/2012 | Admin NKRInews.com
article thumbnail

Saat menjajah Indonesia, pemerintah Jepang (Dai Nippon) membuat UU No. 2 tanggal 8 Maret 2602 (tahun Jepang Kooki atau tahun 1942) tentang mata uang. Semua mata uang yang ada digantikan oleh uang ker [ ... ]


Display Payung di Salah Satu Rumah Makan di Kuta, Bali
17/06/2012 | Admin NKRInews.com
article thumbnail

Payung pada umumnya hanya diartikan sebagai alat untuk pelindung dari hujan atau panas, tetapi dalam budaya nusantara payung sebenarnya memiliki makna yang luas dan dijadikan sebagai simbol-simbol ter [ ... ]


Cendramata Patung Prajurit Kesultanan Mataram di Malioboro, Yogyakarta
18/06/2012 | Admin NKRInews.com
article thumbnail

Yogyakarta memang unik, Provinsi yang memiliki keistimewaan sampai sekarang ini masih kuat memagang tradisi Kesultanan Mataram. Salah satunya adalah tentang cendramata-cendramata yang antik di jual di [ ... ]